Jumat, 10 Agustus 2012

Warna dan Rangsangannya pada Otak




Banyak orang mengasosiasikan warna pada makna-makna tertentu. Sebenarnya, warna yang dilihat oleh mata kita memang menstimulasi rangsangan pada otak. Rangsangan inilah kemudian dimanfaatkan oleh beberapa pihak, seperti restoran cepat saji.

Restoran cepat saji menggunakan hasil penelitian, bahwa warna merah dapat memicu orang-orang yang melihatnya merasa lapar. Selain memiliki "kemampuan" untuk mempengaruhi orang yang melihatnya, warna-warna berbeda juga memiliki kemampuan yang juga berbeda dalam menyerap atau memantulkan cahaya. Oleh karena itu, Anda harus yakin dulu, efek apa yang Anda inginkan untuk ruangan Anda.

Warna ruang makan

Sama seperti apa yang dilakukan oleh pengusaha makanan cepat saji, Anda dapat menggunakan warna-warna terang seperti merah atau oranye. Anda juga dapat menggunakan warna-warna bumi yang terkesan "biasa" dan "serba guna". Namun, pastikan Anda menghindari pemakaian warna biru, karena warna ini dipercaya akan menurunkan nafsu makan Anda.

Warna dapur

Hal pertama harus Anda lakukan adalah memastikan warna kitchen set Anda. Setelah itu, cari warna yang serasi.

Selain merupakan bagian paling utama dari dapur, cara lebih mudah dan murah adalah mengganti cat dan pernak-pernik dapur daripada harus membeli kitchen set baru. Anda dapat mencoba warna-warna seperti coklat, persik, dan kuning. Menggunakan warna merah terakota sebagai aksen juga akan membuat daput Anda lebih cantik.

Warna ruang tamu

Memilih warna untuk ruang tamu tergantung kesan yang ingin Anda capai di ruangan tersebut. Jika memang menginginkan suasana formal dan maskulin, Anda dapat memilih warna abu-abu untuk ruang tamu Anda.

Sementara itu, untuk menampilkan kesan luas, Anda dapat memilih warna-warna terang. Sebaliknya, warna gelap akan membuat raung tamu Anda lebih cozy dan lebih sempit. Kesan inviting bisa Anda dapatkan dengan menggunakan warna beige, krem atau kuning gading.

Warna kamar mandi

Sebagai salah satu kamar paling pribadi, pilihan warna di ruangan ini sepenuhnya ada di tangan Anda. Namun, penggunaan warna biru muda, warna buih laut kehijauan, dan warna-warna bumi akan menghidupkan kesan seperti Anda tengah berada di dalam spa.

Warna kamar tidur

Kamar tidur Anda akan semakin nyaman, jika Anda menggunakan warna-warna menenangkan seperti biru atau hijau. Untuk kesan romantis, warna burgundi, persik, koral, dan merah muda dapat menjadi pilihan Anda. Anda hanya perlu menjauh dari warna-warna yang justru akan menambah semangat.

Sumber : http://properti.kompas.com/read/2012/08/08/14541624/Warna.dan.Rangsangannya.pada.Otak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar