Rabu, 22 Agustus 2012

Terapi Aroma di Pekarangan Rumah Anda

Terapi aroma telah terbukti mampu membawa kesehatan fisik dan psikis. Untuk mendapat faedah aroma terapi, Anda tidak perlu datang ke spa atau salon kecantikan, cukup dengan menanam tumbuhan tertentu di pekarangan rumah.

Lahan yang diperlukan pun tidak perlu luas. Dengan memanfaatkan sudut taman, terapi aroma dapat dihadirkan. Wewangian dapat dihasilkan dari jenis semak, rumput, pohon, sayur, rempah-rempah, hingga harum bunga yang sedang mekar.

Untuk memperoleh terapi aroma bunga, pilihlah jenis tanaman sesuai iklim dan tempatkan di tempat yang kondusif untuk pertumbuhan bunganya. Berikut ini beberapa jenis bunga yang umum digunakan sebagai terapi aroma.

Mawar


Beragam jenis mawar mudah dijumpai di sekitar kita. Warna yang beragam dapat menyemarakkan taman dan menghadirkan suasana romantis sekaligus feminis.

Aroma mawar berkhasiat sebagai anti depresi, anti kuman dan bakteri, meringankan kejang-kejang dan kram pada otot, meningkatkan gairah seks, melancarkan siklus menstruasi, meningkatkan kinerja liver, menstimulasi kinerja sistem syaraf, dan menguatkan kandungan.

Melati


 
Jenis melati cukup banyak, salah satunya adalah melati tumpuk atau melati keraton. Wangi melati jenis ini sangat khas dan semakin tajam pada malam hari. Ini yang membuat suku Indian menjulukinya "Queen of The Night".

Khasiat aroma melati ini dapat mengurangi sakit atau nyeri, anti despresi, anti radang, pengontrol kuman dan bakteri, penenang, menstimulasi kerja syaraf, mengurangi pegal dan kram, menambah nafsu seks, dan dapat menambah produksi ASI bagi ibu-ibu setelah melahirkan.

Kenanga
 
Kenanga merupakan tanaman asli Indonesia yang berbunga sepanjang tahun. Aroma kenanga mampu mengatasi depresi, memberikan efek menenangkan, anti bakteri dan kuman, mengurangi keinginan seksual, dan menurunkan tekanan darah.

Salvia 
 
Nama Salvia berasal dari bahasa Latin, salvare yang berarti ‘untuk menyembuhkan’. Salvia memiliki beragam jenis dengan bunga berwarna ungu kebiruan hingga merah muda keputihan. Banyak yang keliru menyebut salvia ungu sebagai lavender, karena bentuk bunganya yang serupa.

Khasiat utama aroma Salvia adalah anti depresi, anti kuman dan bakteri, meningkatkan gairah seksual, meringankan sakit perut, melancarkan pencernaan makanan, membantu siklus menstruasi, mengurangi tekanan darah, memperbaiki kinerja sistem saraf, serta menguatkan dan menyegarkan tubuh.

Sedap Malam 
 
Jenis bunga ini memiliki wangi yang khas dan dapat memberikan efek tenang dan meningkatkan daya tahan tubuh. Dapat digunakan sebagai anti depresi, memberikan efek hipnotis, membuat rasa kantuk, dan memberikan kesan sensual.

Sumber : http://www.rumah.com/berita-properti/2012/7/1286/terapi-aroma-di-pekarangan-rumah-anda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar