Minggu, 12 Agustus 2012

Empat Ide Sederhana Percantik Ruang




Ide untuk mendekorasi interior ruang tamu dan ruang keluarga anda, Built in Cabinet, Dekorasi Batu Alam, Cermin Sebagai Elemen Dekorasi dan Dekorasi Koleksi Benda Vintage, adalah rangkaian ide yang mudah untuk diterapkan untuk me make over interior rumah anda.

BUILT IN CABINET

Penyimpanan Praktis

Aplikasi built in cabinet sangat cocok untuk ruangan yang mementingkan efisiensi dan kerapian. Built in cabinet menjadikan ruangan terasa lapang dan compact, karena desain dan bidangnya terintegrasi dengan ruangan. Biasanya cabinet ini dipasang dengan memanfaatkan ruang cekungan antara dua kolom, atau bisa juga berfungsi menjadi dinding.

Aplikasi ini sangat popular untuk cabinet di ruang-ruang unit apartemen dan rumah mungil atau compact. Untuk mengaplikasikan built in cabinet ini dibutuhkan perencanaan yang matang serta ketelitian dari tukang (carpenter), karena sifatnya yang menyatu dengan ruangan maka pengukuran yang cermat akan bidang cabinet sangat diperlukan. Sifatnya yang customed design membuat kita flexible untuk menentukan ide desain, sehingga mudah disesuaikan dengan kebutuhan dan selera kita. Misalnya ukuran besaran rak disesuaikan dengan ukuran barang yang akan disimpan dalam cabinet tersebut.

Bahan yang paling banyak digunakan untuk built in cabinet adalah multiplex sebagai bahan dasarnya, biasanya multiplex dengan tebal 12mm ke atas. Kemudian dilapis dengan finishing yang dikehendaki, misalnya untuk bagian dalam formika putih, dan bagian luar bisa memakai HPL, Tacon atau triplex dengan tekstur jati yang kemudian di finishing cat melamine.

Yang menarik dari furniture built in ini adalah exclusivitasnya, karena harus disesuaikan dengan dimensi ruangan dan desainnya yang harus custom made.MEMBUAT BUILT IN CABINET

  • Tentukan bidang dinding yang akan di ‘ cover ‘ oleh cabinet, manfaatkan cerukan bidang antar kolom agar lebih efisien.
  • Ukur dimensi cabinet harus diukur dengan cermat agar sesuai dengan dimensi ruang. Kesalahan pengukuran akan membuat cabinet anda tidak bisa dipasang pada ruangan.
  • Tentukan desain sesuai dengan kebutuhan, misalnya untuk penyimpanan sepatu, sesuaikan tinggi dan lebar grid pembatas cabinet agar lebih efisien..
  • Pilih finishing yang sesuai dengan tema ruangan. Apabila menginginkan tampilan clean dan terkesan bagian dari dinding, beri warna yang sama dengan dinding, dan handle ditiadakan, cukup dengan sistem tekan dan buka.
  • Apabila ingin menjadikannya aksen ruangan pilih warna yang senada dengan furniture lainnya, sehingga kontras dengan bidang dinding.

MENEMPATKAN CERMIN



Pemakaian cermin sebagai elemen interior sekarang ini banyak di aplikasikan oleh para dekorator. Cermin menjelma menjadi vocal point pada ruang. Cermin tidak lagi hanya terdapat dalam kamar atau di toilet, namun telah meluas penggunaannya ke ruang yang sifatnya publik di dalam rumah, seperti di ruang tamu dan ruang.

Sifat cermin yang dapat memantulkan bayangan dimanfaatkan untuk menambah kesan luas pada ruangan yang relatif sempit, sering di aplikasikan pada dekorasi interior apartemen atau rumah mungil. Cermin dijadikan panel pada bidang dinding atau diletakkan diatas meja konsol.

Cermin dengan kesan dingin dan kaku sangat cocok digunakan pada ruang dengan gaya modern atau minimalis, panel kaca menambah kesan futuristik pada ruangan. Untuk menghilangkan kesan dingin, panel cermin dapat di bingkai kayu, kuningan dll sesuai dengan tema ruangan. Misalnya untuk kesan ethnic pilih bingkai yang penuh dengan ukiran dekoratif etnik tertentu seperti Jawa atau Bali. Kaca cermin yang dipakai untuk panel ini lebih tebal dari kaca cermin biasa, makin luas bidang panel cermin makin tebal cermin yang dibutuhkan, disarankan lebih besar dari 8mm.

Tips Menempatkan Cermin
  • Pilih bidang dinding yang mengekspos bidang lain yang menarik untuk dipantulkan. Untuk ruang kecil pilih bidang kaca panel yang menutupi salah satu bidang dinding, agar kesan ruangan jadi luas. Kaca dapat ‘dibelah’ dengan grid kotak atau diagonal agar lebih atraktif.
  • Untuk ruangan yang relatif luas letakkan cermin pada bingkai, letakkan bingkai cermin pada meja konsol. Letakkan vas bunga besar dan table lamp pada meja konsol, pantulan bayangannya dicermin akan sangat menarik. Bingkai Cermin juga menarik diletakkan di dinding belakang sofa. Bingkai dapat disesuaikan dengan material dan warna furniture kayu disekelilingnya.
  • Beri pencahayaan dengan lampu down light atau standing lamp di depan cermin yang akan memantulkan cahaya keseliling ruangan sehingga lebih menarik lagi.

DEKORASI BATU ALAM



Hal-hal yang bersifat alami dan natural tidak kan pernah ketinggalan zaman dan secara periodi akan selalu menjadi trend setter kembali, karena alam adalah inspirasi terbesar manusia. Alam dan sifat naturalnya adalah bingkai mozaik keindahan ciptaan-Nya.

Sejuknya pemandangan alam pegunungan dan indahnya pemandangan tebing dan bebatuan, dapat dihadirkan atmosfernya pada ruangan. Dekorasi batu alam pada salah satu bidang dinding ruangan anda, bisa jadi salah satu ide untuk menstimulus otak anda jadi rileks. Biarkan batu alam dengan bentuk, warna dan teksturnya menghias interior ruangan favorit keluarga.

Batu alam sekarang ini banyak dijual di depo bahan bangunan, ada beragam jenis batu alam mulai dari batu palimanan, batu candi, dan lain-lain, dengan beragam bentuk dan warna. Anda dapat memilih sesuai dengan suasana dan atmosfer yang ingin anda ciptakan. Misalnya untuk dekorasi bernuansa terang pilih batu palimanan yang berwarna cream cerah.

Tips Mengatur Batu ALam
  • Pilih bidang dinding yang dapat dijadikan focus dan vocal point pada ruangan batu alam dapat di pasang menutupi semua salah satu bidang dinding, atau membingkai batu alam dengan ukuran tertentu pada dinding. Beri bingkai kayu, stainless steel, profil beton, dan lain-lain.
  • Pilih bentuk dan jenis batu alam sesuai dengan kesan yang ingin ditampilkan. Misalnya kesan minimalis, pilih batu alam dengan bentuk persegi panjang yang disusun melintang pada dinding dan berwarna gelap. Kesan natural; pilih batu alam pipih yang bentuknya acak, dan lain-lain.
  • Beri lapisan coating transparan pada batu sehingga debu dari batu tidak jatuh, ada dua pilihan coating; efek mengkilat atau dof.
  • Beri efek down light lighting pada titik-titik tertentu pada batu alam, agar terkesan tiga dimensi, dan lebih dramatis.

KOLEKSI BENDA VINTAGE


Bernosta lgia dengan masa lalu selalu menyenangkan, selalu ada memori indah ataupun memori yang tidak dapat dilupakan dari masa lalu. Itu sebabnya lagu-lagu legend selalu mempunyai penggemar fanatiknya. Demikian halnya dengan benda-benda antik dan vintage, benda –benda ini telah menjadi collector item untuk para pencinta fanatiknya.

Barang-barang pecah belah rumah tangga seperti peralatan makan, perkakas, electronik hingga alat transportasi seperti sepeda, sepeda motor hingga mobil dari masa lalu tidak luput dari incaran para pengagum bendabenda vintage. Selain nilai artistiknya ,Ada kenangan yang tinggal pada benda-benda tersebut yang membawa kolektornya kembali kesuasana dulu. Koleksi benda-benda vintage dapat ditata menjadi bagian dari dekoras interior ruangan.

Tips Display Koleksi Benda Vintage
  • Kelompokkan benda-benda berdasarkan fungsinya, misalnya benda peralatan makan diatur dalam satu display rak disudut tertentu dari ruangan.
  • Desain rak atau lemari penyimpanan koleksi vintage anda dengan sederhana, dan dengan warna netral sehingga koleksi vintage anda tetap jadi focus.
  • Koleksi berukuran besar, seperti sepeda onthel, dapat ditempatkan disudut ruangan.
  • Rambu lalu lintas, poster , atau iklan vintage , tempatkan didinding polos sehingga rambu-rambu tersebut menjadi focus.
  • Untuk koleksi benda vintage yang fungsional, seperti sarung bantal, meja, lampu gantung, kipas angin dll, dapat langsung dan menjadi bagian yang fungsional dari ruangan. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar