Senin, 13 Agustus 2012

10 Ide Dekorasi Murah Untuk Rumah



Seiring berjalannya waktu, seringkali kita merasa bosan dengan tampilan dekorasi rumah kita yang masih itu-itu juga sejak bertahun yang lalu. Karena layaknya tubuh dan pikiran kita yang secara berkala perlu disegarkan kembali, dekorasi rumah juga penting untuk diubah penampilannya yang ujung-ujungnya tentu saja demi mendukung terpeliharanya mood positif bagi penghuninya.

Jika ruang tamu Anda terlihat menjemukan atau ruang kerja Anda terlihat suram, jangan menyerah. Ada banyak cara yang cepat, mudah, dan murah yang dapat Anda aplikasikan pada rumah Anda sehingga akan membuatnya terlihat cerah dan segar. Berikut adalah 10 ide untuk membantu ‘menyegarkan’ interior rumah Anda.

1. CAT


Dinding merupakan latar bagi semua skema dekorasi di rumah Anda. Salah satu cara termurah dan paling sederhana untuk mengubah tampilan ruangan adalah dengan mengubah warna dinding Anda. Lapisan cat baru pada ruangan akan memberikan perasaan segar ke seluruh bagian rumah. Jika Anda tidak punya cukup waktu atau biaya untuk mengecat seluruh ruangan, cukup aplikasikan pada sebagian kecil bidang dinding saja. Pilih satu bidang dinding lalu berikan lapisan warna yang kontras. Namun apabila Anda masih merasa keberatan dengan cara tersebut, cobalah mengecat pintu ruangan. Gunakan warna yang tak terduga, atau gunakan dua warna yang berbeda pada pintu berpanel. Bahkan hanya dengan mengecat pintu dari lemari buku Anda atau melapisi meja ruang tamu Anda dengan plitur atau melamin, dapat membuat tampilan ruangan menjadi berbeda tanpa keluar banyak biaya. Jangan lupakan aspek pencahayaan demi mendukung tampilan warna baru yang Anda pilih. Pencahayaan juga penting untuk membentuk mood penghuni rumah.

2. PENCAHAYAAN

 

Pencahayaan - apakah itu alami atau buatan - memainkan peran penting dalam suasana ruangan. Anda dapat membawa seluruh ruangan di rumah Anda pada suasana yang berbeda hanya dengan mengubah pencahayaan di rumah Anda. Dengan mengubah jumlah titik lampu, mengganti warna sinar lampu, atau mengubah perletakannya, maka interior rumah Anda akan tampil menakjubkan. Bahkan dengan cara yang paling sederhanapun Anda bisa mewujudkannya. Misalnya, apakah kamar Anda terlalu gelap ? Bila jawabannya ‘ya’, maka Anda bisa mempertimbangkan untuk melepas tirai jendela yang tebal dan membiarkan sinar matahari masuk dengan leluasa. Atau barangkali Anda menginginkan suasana kamar yang romantis? Anda bisa menggunakan lampu meja atau lampu lantai, dan mengganti lampu dengan watt yang tinggi ke watt yang lebih rendah untuk menghasilkan cahaya yang lembut. Apabila Anda hobi berburu barang antik di pasar loak, jangan lupa perhatikan sekeliling. Siapa tahu Anda menemukan lampu antik yang menarik untuk dipajang di rumah.

3. LANTAI

 

Lantai juga membutuhkan penampilan baru. Salah satu cara cepat namun berefek besar yang bisa dilakukan pada lantai adalah dengan memasang sebuah karpet atau permadani pada ruangan. Jangan meremehkan kegunaan karpet hanya karena mereka diletakkan sebagai alas kaki. Salah satu kelebihan karpet adalah tersedia dalam berbagai ukuran dan bisa dicuci. Karpet berukuran besar dan berwarna cerah dapat menambah daya tarik dan focal point ke sebuah ruangan. Pasanglah karpet sedemikian rupa sebagai penghubung meja dan kursi, dan jangan letakkan di tengah-tengah ruangan tanpa perabot sehingga terkesan ‘mengambang’. Tak ada salahnya meletakkan karpet dengan lapisan anti-selip di kamar mandi kering atau dapur dan area basah lainnya untuk memberikan variasi pada lantai.

4. DAUR ULANG DAN TATA ULANG

 

Salah satu cara terbaik dan tanpa biaya dalam mendekorasi ulang interior rumah Anda adalah dengan mendaur-ulang dan memanfaatkan kembali barang-barang yang sudah Anda miliki. Lihatlah ke sekeliling rumah Anda dan pikirkan bagaimana benda yang berada di satu ruangan bisa mengubah dekorasi ruangan lain. Misalnya koper tua di kamar tidur Anda bisa dimodifikasi sedemikian rupa hingga menjadi sebuah meja kopi yang cocok diletakkan di ruang tamu. Cara lainnya misalnya dengan mengelompokan beberapa benda kecil bersama-sama, seperti lilin atau gelas berwarna, sebagai pembentuk titik fokus. Melihat barang-barang lama Anda dengan tatanan baru bisa jadi akan sangat menyenangkan.

5. MEMASUKKAN RUANG LUAR

 

Untuk memberikan kesegaran pada pada interior rumah Anda, tanaman bisa menjadi ‘senjata’ yang mampu diandalkan. Pertama, tanaman membawa suasana alami yang menenangkan ke sebuah ruangan. Kedua, banyak jenis tanaman rumah yang mampu membersihkan udara dalam ruangan dari polutan berbahaya seperti benzena, formaldehyde dan trichloroethylene, yaitu polutan yang biasanya dominan terdapat di rumah baru dan gedung perkantoran. Ketiga, tanaman pot menyediakan bahan-bahan segar, baik untuk memasak maupun untuk penyembuhan akan penyakit. Lidah buaya, misalnya, seringkali digunakan untuk mengatasi luka bakar dan gigitan serangga. Kunjungi penjual tanaman setempat lalu pilih beberapa tanaman yang sesuai dengan kondisi rumah dan selera Anda. Pastikan Anda mengetahui jenis perawatan seperti apa yang perlu dilakukan pada tanaman tersebut. Misalnya berapa banyak cahaya matahari yang mereka butuhkan dan seberapa sering mereka harus disirami.

6. LIBATKAN KELIMA INDERA

 

Dekorasi bukan melulu tentang hal yang berkaitan dengan daya tarik bagi indera penglihatan alias mata. Dekorasi dapat merangsang semua indera. Pada perabotan misalnya, pemakaian bahan tekstil bertekstur seperti lace, chenille atau sutra, dapat membuat indera peraba Anda bekerja. Bahkan pada dinding, Anda bisa mengaplikasikan cat bertekstur agar dinding tidak terkesan polos dan datar. Bisa jadi tekstur pada dinding tersebut akan menggoda Anda untuk menyentuh permukaannya. Untuk indera pendengaran, Anda bisa memanjakannya dengan membawa suara gemericik alami dari air mancur buatan, atau menggantung lonceng angin di atas pintu. Sedangkan memasukkan aroma mewangi dengan lilin aromatik, semangkuk potpourri, atau meletakkan seikat bunga segar pada vas, akan dapat memanjakan indera penciuman Anda.

7. WARNA AKSEN

 

Terkadang, satu sentuhan warna saja sudah mampu memenuhi semua yang Anda butuhkan. Pilih warna aksen (biasanya satu atau dua warna) yang dapat melengkapi atau justru kontras dengan skema warna Anda saat ini. Kemudian, biarkan warna aksen tersebut memberi kejutan di titik-titik yang berbeda pada ruangan. Jika misalnya Anda memilih merah sebagai aksen, cukup letakkan beberapa bantal hias berwarna merah di tempat tidur atau sofa. Mengganti tali gorden dengan warna aksen pilihan juga bisa Anda lakukan. Gunakan aksesori kecil, seperti lilin, bingkai foto, atau vas, untuk membawa warna aksen pilihan Anda pada meja dan rak.

8. HINDARI KESAN BERANTAKAN

 

Sebuah ruangan, walaupun tak mewah, akan terlihat menyenangkan apabila tertata rapi. Namun di keseharian, bagaimanapun, kita tak bisa menghindari ruangan yang berantakan. Cara mudah dan murah untuk mengatasinya antara lain : Langkah pertama: Pilah-pilah, lalu singkirkan benda-benda yang tidak perlu berada di ruangan tersebut. Langkah kedua: Kreatiflah dalam menyediakan wadah penyimpanan bagi barang-barang yang masih bagus dan layak dipajang atau disimpan. Keranjang atau kotak sebagai tempat penyimpanan darurat sebaiknya tersedia di setiap ruangan. Cara lain untuk merapikan ruangan yang berantakan :
  • Mengatur ulang isi rak Anda
  • Mengurangi jumlah koleksi yang dipajang
  • Memindahkan furnitur yang tidak fungsional agar ruangan tidak terlalu sesak

9. KARYA SENI

 

Karya seni dapat menambah daya tarik pada ruangan dan dapat mengungkapkan karakter sang pemilik rumah tentang minat, kepribadian, bahkan mimpinya. Yang terpenting, dalam menambahkan sentuhan karya seni di rumah Anda tanpa melanggar anggaran dana adalah dengan membaskan daya imajinasi Anda untuk membuat kreasi unik. Jika Anda ingin karya seni unik namun murah, cobalah ke pasar loak dan pasar lelang. Bahkan apabila Anda menjumpai sebuah kantor atau toko yang berniat tutup, tak ada salahnya mendatanginya, karena biasanya mereka menjual beberapa barang yang sudah tak mereka perlukan lagi dengan harga murah. Pilihan lain adalah foto atau gambar cetak yang diberi bingkai. Menggantung mereka dengan cara yang unik seperti menambahkan sedikit aksesoris berupa pita atau akar tanaman kering, akan menciptakan daya tarik tersendiri. Tak tertutup kemungkinan bahwa benda yang fungsional pun bisa dijadikan elemen dekoratif. Sebagai contoh, pada dapur, Anda bisa menggantungkan peralatan masak yang masih bagus dan bersih dengan susunan dan pola yang menarik di dinding.

10. AKSESORIS KECIL

 

Aksesoris kecilpun bisa menciptakan kesan luar biasa. Mengganti handle (pegangan) pada lemari kabinet dan laci pada dapur dan kamar mandi dapat membawa gaya baru pada lemari kabinet lama. Cara ini juga merupakan cara termudah untuk membuat perabotan usang menjadi tampak baru. Pada kamar mandi, Anda bisa menambahkan penggantung tirai kamar mandi dan kait penggantung handuk dari bahan-bahan alami seperti batang kayu atau bambu hasil kreasi sendiri. Beberapa jenis pegangan keran juga merupakan salah satu aksesori yang mudah dan murah untuk mempercantik kamar mandi. Untuk ruang tamu, ruang keluarga, ruang makan, dan kamar, berkreasilah menggunakan cat untuk menghias pot bunga, bingkai foto, atau kap lampu. Penggunaan elemen-elemen daur ulang seperti kertas dan tanaman kering bisa Anda terapkan juga untuk menghias elemen dekorasi di rumah Anda tanpa perlu membeli yang baru, dan tentu saja bisa Anda kerjakan sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar