Rabu, 14 Maret 2012

Paduan Warna Monokromatis di Ruang Tidur




Tidak semua orang berani dan bisa memadukan warna yang berbeda-berbeda pada sebuah ruangan. Untuk amannya, Anda bisa mencoba paduan warna monokromatis.

Dalam teori warna, warna monokromatis adalah kombinasi beberapa warna yang berasal dari satu warna yang sama. Yang menguntungkan, warna monokromatis lebih mudah dicerna oleh mata kita, sehingga mata tak cepat lelah dan lebih rileks.

Bukan Cuma Satu Warna

Menggunakan paduan warna mokromatis bukan berarti hanya menggunakan satu warna yang sama di seluruh ruangan, sehingga tampak membosankan. Kunci suksesnya terletak pada permainan terang-gelap warna. Warna yang terang bisa dibuat dengan menambahkan warna putih, sedangkan untuk mendapatkan warna gelap bisa dilakukan dengan menambah warna hitam.

Misalnya pada ruang tidur ini. Tampak kalau semua warna yang digunakan masih dalam satu turunan, yaitu coklat dan krem. Warna coklat dan turunannya adalah warna yang netral, sehingga cocok digunakan di ruang mana saja.

Warna krem—yang berkesan cerah dan mudah dipadukan dengan warna lain,digunakan di sebagian besar dinding sebagi warna dasar. Sebagai aksen, di salah satu dinding digunakan warna yang lebih gelap yaitu coklat. Yang perlu diingat, dinding yang dipilih sebagai aksen sebaiknya dinding yang tidak terlalu luas, sehingga warnanya tidak mendominasi kamar.

Contoh Warna-warna Monokromatis

Anda bingung memadukan warna-warna monokrom? Berikut beberapa contoh kombinasi warna monokromatis yang bisa digunakan sebagai panduan Anda.

   

   

Furnitur pun Harus “Senada”

Karena temanya monokrom coklat, furnitur yang ada juga berkisar warna coklat. Penggunaan warna coklat sedikit menguntungkan karena memadukan furniturnya lebih gampang. Tinggal menggunakan furnitur kayu yang memang dari sananya warnanya sudah coklat.

Adanya aksen warna-warna yang lebih muda atau tua pada bantal, bed cover, atau gorden, bisa jadi kunci sukses penataan kamar Anda.



Sumber : http://www.tabloidrumah.com/?p=2682


Tidak ada komentar:

Posting Komentar