Selasa, 20 Maret 2012

Cara Merawat Furnitur Rotan




Aneka jenis furnitur kini tersedia di pasaran. Namun, jika Anda ingin menghadirkan nuansa eksotis di rumah, maka furnitur rotan bisa menjadi pilihan. Seakan tak kalah dengan produk mebelair lainnya, desain produk furnitur rotan juga telah berkembang dan bervariasi. Karena itu, Anda tak perlu khawatir disebut ketinggalan mode.

Kini, produk mebelair rotan seperti sofa, meja, rak, dan kursi santai hadir dalam kombinasi dengan bahan lainnya. Ada yang dikombinasi dengan kayu, besi tempa, juga mendong untuk campuran anyamannya. Malah, untuk sofa juga dilengkapi dengan busa agar terasa lebih empuk, serta tambahan kaca untuk meja. Furnitur rotan memang memiliki keistimewaan tersendiri. Karena bobotnya tak terlalu berat, ia sangat mudah dipindah-pindah tergantung selera.

Namun, agar furnitur Anda terus terawat, ada sejumlah kiat yang bisa Anda lakukan:

Lap dengan kain basah


Perawatan mebelair dari rotan terbilang mudah. Perawatan rutin untuk menjaga furnitur rotan adalah melapnya dengan kain basah, minimal dua minggu sekali. Ini penting untuk membersihkan kotoran atau debu yang menempel pada permukaan furnitur rotan tersebut.

Cat ulang


Agar furnitur rotan Anda selalu tampak 'cling', tak ada salahnya Anda melakukan cat ulang. ''Ini bisa dilakukan empat atau lima tahun sekali,'' ungkap Jainuri. Pewarnaan produk rotan biasanya dilakukan dengan cat semprot atau celup. Biasanya, produk rotan ini diberi warna gambir (kemerahan), honey (kekuningan), dan natural. Umumnya zat warna yang dipakai adalah zat kimia. Setelah dicat, produk dari rotan ini kemudian dilapisi dengan melamik. Selain membuat permukaan furnitur rotan menjadi lebih mengkilat, melamik juga berguna untuk melindungi cat agar tak mudah pudar atau mengelupas.

Basmi rayap


Satu hal lagi yang perlu diperhatikan pada furnitur rotan adalah kemungkinan hadirnya sang musuh utama yaitu makhluk kecil sejenis rayap. Bila sudah diserang makhluk kecil ini, maka rotan bisa habis digerogoti. Namun, Anda tak perlu khawatir. ada trik tradisional untuk mengatasi serangan makhluk pemakan rotan ini. Kalau terlihat tanda-tanda ada serangan makhluk kecil itu, kita bisa bikin larutan yang terbuat dari campuran kapur barus dan minyak tanah. Lalu, larutan itu disemprotkan pada bagian rotan yang digerogoti rayap.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar